Indahnya Mahameru, Puncak Tertinggi di Pulau Jawa

0
BeritaUnik7.blogspot.com - Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya dinamai Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah yang berada di gunung ini dinamai dengan nama Jonggring Saloko. Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.
Untuk menuju Puncak Mahameru, para pendaki biasa menggunakan jalur pendakian yang dimulai dari Ranu Pane, Malang. Selanjutnya, melakukan perjalanan menuju kawasan Danau Ranu Kumbolo selama kurang lebih setengah hari. Ditempat inilah para pendaki biasa mendirikan tenda mereka untuk bermalam. Bukan hanya sebagai pelepas lelah, pendaki juga dapat menyaksikan betapa indahnya Danau Ranu Kumbolo yang begitu menajubkan. 

Pemandangan Danau Ranu Kumbolo kembali semakin indah ketika para pendaki terbangun pada tidurnya. Pagi hari yang tak biasa. Begitu indah sunrise yang akan memberikan semangat baru untuk melanjutkan perjalanan. Ditambah udara yang sejuk, air danau yang tenang, serta keindahan alam lainnya.
Setelah itu, pendaki kembali mendaki menuju Pos Kalimati. Pos para pendaki yang berada pada ketinggian 2.700 mdpl. Hamparan padang rumput menyambut anda disini. Ditempat ini anda dapat menyalakan api unggun dari ranting-ranting pohon cemara yang sudah kering.

Perjalanan dilanjutkan ke arah timur dan menuju pos selanjutnya yang dinamakan Arcopodo. Kawasan ini berada pada ketinggian 2.900 mdpl. Kawasan yang merupakan daerah vegetasi terakhir Gunung Semeru. Dilanjut dengan anda melewati bukit berpasir.
Dari tempat ini, anda memerlukan waktu sekitar 3-4 jam untuk dapat sampai ke Puncak Mahameru. Perjalanan ini semakin berat. Padang pasir yang curam dan licin menyapa anda dan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Sebaiknya, tinggalkanlah barang bawaan anda pada Kawasan Arcopodo. Sebab, dikhawatirkan akan mempersulit perjalanan anda.
Dan sampailah anda di Puncak Mahameru. Puncak yang terkenal dengan keindahannya. Suhu disana sekitar 4-10 derajat celsius. Matahari terlihat begitu cantik dari Mahameru. Kabut tebal menyelimuti kawasan gunung ini, menambah indahnya panoramana puncak tertinggi di Pulau Jawa ini.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: