Sungai Paling Tercemar Didunia

0
BeritaUnik7.blogspot.com Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju. Sungai biasa disebut sebagai sumber kehidupan. Sungai kerap difungsikan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat tepi sungai. Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. 

Namun, seiring perkembangan zaman, sungai sudah tidak berkeadaan seperti dulu. Jarang untuk saat ini kita melihat air sungai yang mengalir dengan begitu jernih. Sungai kini menjadi tempat yang disalahgunakan oleh beberapa manusia yang tak bertanggung jawab. Sungai dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah yang tentunya mencemari air sungai itu sendiri.


1.  Sungai Citarum, Indonesia
Sungai ini mengalir melalui provinsi Jawa Barat di Indonesia. Ada tiga bendungan pembangkit listrik tenaga air yang dibangun disungai ini. Namun, sungai ini dicemari jutaan ton zat berbahaya dari limbah industri maupun limbah rumah tangga.

Terlihat banyak botol, plastik, sarung tangan karet, dan sampah lainnya yang mengambang dipermukaan sungai. Membuat air sungai tertutup olehnya. Menurut laporan terbaru, tingkat merkuri di Sungai Citarum 100 kali lebih banyak dari yang diperbolehkan. Hal ini membuat hewan-hewan air tak bisa bertahan hidup di Sungai Citarum.

2.  Sungai Gangga, India
Sungai yang berasal dari gletser Gangotri di Himalaya Barat ini adalah salah satu sungai paling tercemar diduniaBerbagai jenis sampah dan limbah industri beracun dibuang ke sungai ini. Belum lagi abu jenazah yang dibakar turut dibuang ke Sungai Gangga sebagai ritual keagamaan. Menurut riset, orang-orang yang tinggal di sekitar sungai rentan terhadap kanker.

3.  Sungai Mantanza - Riachuelo, Argentina
Tepatnya di ibukota Argentina sungai ini berasal. Sungai ini sering disebut sebagai "sungai pembantaian". Karena sungai ini dipenuhi zat beracun yang berbau busuk dari limabh rumah tangga dan industri. Jutaan limbah kimia dibuang oleh perusahaan-perusahaan minyak. Alhasil, sungai yang memiliki panjang 64 km ini menjadi tercemar.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: