5 Tips Cermat Membedakan Saus Sambal yang Layak Konsumsi atau Tidak

0
BeritaUnik7.blogspot.com - Terkadang untuk membuat makanan menjadi lebih nikmat dan mantap kita perlu memasukkan saus sambal di dalamnya. Saus sambal juga menambah selera makan serta mambuat makanan lezat untuk disantap. Walau berguna untuk penambah nafsu makan, tetapi jangan lupa bahwa saus sambal bisa berbahaya bagi kesehatan jika terlalu banyak dikonsumsi. Karena kandungan dan bahan-bahan pembuat saus sambal tidak semuanya alami. Banyak juga yang mengandung zat kimia berbahaya.

Seperti yang kita lihat sekarang ini di televisi, banyak pabrik yang memproduksi dan mendistribusikan saus sambal berbahaya. Tentu hal tersebut membuat kita khawatir sebagai konsumen penikmat saus sambal. Kita harus mempunyai tips-tips khusus untuk membedakan mana saus sambal yang layak konsumsi dan mana yang berbahaya untuk kesehatan. 


  • Periksa Kadar Kekentalan
Caranya tuangkan saus sambal pada sebuah wadah dan perhatikan saat anda menuangkan saus tersebut. Apabila saus bertekstur sangat kental sehingga keluar dengan tidak lancar, bisa dikatakan saus itu terdapat campuran bahan lain, seperti ubi atau pepaya. Sedangkan saus yang asli dan baik untuk dikonsumsi biasanya bertektur lebih cair dan lembut, sehingga saat dituangkan lancar dan mudah.
  • Aroma Bawang Putih
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat penting, karena mempunyai manfaat untuk mengawetkan makanan secara alami. Biasanya produksi saus sambal juga menggunakan bawang putih didalamnya selain sebagai aroma juga pengawet agar saus sambal lebih tahan lama. Jika saus sambal itu layak konsumsi maka aroma bawang putih ketika kita cicipi akan terasa kuat. Jika saus tersebut kualitasnya buruk, maka aroma bawang putih kurang terasa. Karena saus tersebut mengandung zat kimia untuk mengganti bahan pengawetnya.
  • Berjamur
Sebelum anda menambahkan saus pada makanan, lihat dulu apakah berjamur atau tidak. Karena saus sambal asli biasanya setelah dituangkan lebih cepat berjamur apabila tidak disimpan pada kulkas. Tentu berbeda dengan saus sambal berbahan kimia yang bisa bertahan lebih lama bahkan berminggu-minggu, walau sudah dituangkan beberapa kali dan tidak disimpan pada kulkas. Sebab, pengawet bahan kimia lebih kuat daripada pengawet bahan alami.
  • Gunakan Air Putih
Ambil air putih lalu tuangkan sedikit saja dengan saus sambal. Apabila saus tersebut mudah menyatu dengan air putih berarti asli. Namun, jika saus tersebut susah menyatu dengan air putih, bisa dikatakan saus tersebut palsu. Karena sebagai penghemat biaya produksi biasanya produsen mencampurkan bahan-bahan lain ke dalam saus sambal tersebut.
  • Perhatikan Kemasan dan Merk Saus
Sebelum anda membeli saus sambal, ada baiknya membaca dulu bagian dari komposisi serta izin dari BPOM. Teliti dan baca di bagian kemasan adakah nomor register BPOM dan kementrian kesehatan serta sertifikat halal dari MUI. Dengan begitu kita bisa memastikan bahwa saus sambal itu layak dikonsumsi atau tidak. Merk saus juga biasanya mempengaruhi kualitas dari saus sambal.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: