Ulcok Ditertawakan di Acara Hitam Putih, Ternyata Jawaban Ulcok dan Deddy Sama Benarnya

0



HanyaBerbagi.com - Ulcok sempat ditertawakan sama Deddy dan seluruh penonton Hitam Putih karena dianggap salah hitung. Padahal Ulcok terkenal dengan Manusia Kalkulator yang pandai berhitung tanpa kalkulator tanpa menghitung di tulisan. Tapi sebenarnya jawaban Deddy dan Ulcok sama-sama betulnya lho...

Cara itung versi Dedi: 83+72×24×84+79-52=145262

Cara itung versi Ucok 83+72=155×24=3720×84=312480+79=312559-52=312507

Berikut videonya :



Sejumlah facebookers sepertinya tak terima jika jawaban Ruslan Yusuf alias Ullang Commok alias Ulcok saat tampil pada talkshow Hitam Putih, Rabu (24/2/2016), mayoritas dianggap salah.

Menurut facebookers, host Hitam Putih, Deddy Corbuzier menggunakan metode berbeda dengan Ulcok sehingga jawabannya pun berbeda.

Deddy menggunakan metode scientific, sedangkan Ulcok sesuai pengalaman empiris karena hanya duduk hingga bangku kelas III sekolah dasar.[baca juga Mahasiswa, Mentor Matematika: Jawaban Ulcok di ‘Hitam Putih’ Ternyata Tidak Salah, ini Penjelasannya]

Kualifikasi pendidikan jelas beda.

Mantan suami Kalina Oktarani pun di-bully oleh mereka yang simpati kepada Ulcok.

‘Malah Nyombongin Diri’

Akun Thomas Iancasiraghi menulis komentar, “It bo*** hitamnputih mang asal j..bkin ilang konsentx ucok j..coba gk rese pd saat itu pasti ulcok jwb benar smua.”

Akun Andi Munawir A menulis komentar, “Abang dedy banyak bicara dan mengajukan pertanyaan jadinya ucok kurang konsentrasi…teknik berhitungnya beda tp ucok benar..salut…..Hidup Ucok. AL Fatihah.”Akun Rina Binti Ruddin Badarrin menulis komentar, “ulcok ini ahli hitung, bukan ahli matematika… klu deddy kmrn ngitungnya pke metode hitung, tpi klu ulcok dia ngitungnya berurut soalnya… tiap orngkan d anugrahkn kelebihan dan juga kekurangn, dan pada kekurangn dan kelebihan itupun ada batasannya…”

Akun Mhus M Syah menulis komentar, “Memang ada kesan si Dedi meremehkan Ullcok ketika dia mengatan orang kayak ullcok itu banyak di indonesia… squint emoticon.”

Akun Angelina Achyunuari menulis komentar, “Harusnya jd publik figur tuh mendukung atau apa lah yg baik2 omong nya nah ni malah nyombongin diri sndiri kaya udah paling oke aja si dedy.”

Akun Yunia Aprilia menulis komentar, “Orang2 beken berduit selalu menganggap rendah orang di bawahnya ibarat barang cuma lihat luarnya g lihat isi di dalamnya.”

Akun Nasir Arfan menulis komentar, “Namax juga mantan pesulap apa apa bisa dia sulap, ( sulap,,, klw dibalik jadii,,,,,,,,,,,,,,,,,,, palsu).”

Akun Nanda Windi menulis komentar, “Iya…dedy cemburu tuh dikalahin sama bocah…klo nonton hitam putih kemaren tuh pasti tau klo si botak itu ngeremehin si ulcok..ihhh pengen ku jitak botak tuu rasanya.”

‘Tak Mau Dikalah’

Akun Whenny Try menulis komentar, “Iya waktu kmrn aku nonton si dedy itu ngeremehin ulcok .justru ulcok lah yang harus d puji dan d banggakan scra sj dia tdk sekolah, tp dia pux otak cerdas dlm berhitung blm tentu smua org bisa .aku jengkel sm dedy ngeremehin org.”

Akun Ois Siombo menulis komentar, “Ucoklah….dedy cm pintar memanipulasi pikiran org smtra ucok daya ingatnya luar biasa, itu g tamat SD…gmn klo dia kuliah yaa.”

Taufik Taufik menulis komentar, “tdk mau dikalah itu dedy combuser.”

Akun Aisyah menulis komentar, “Dirimu Terlihat dr tatapan mata dan sikapx dedi,,, .”

Akun Hasan Huang menulis komentar, “Dedy iri sama kelebihan ulcok.”

Akun Naufal menulis komentar, “DEDY kya nda prnh skola sj, hrsx dia tangkp cr prhitunganx uco yg kls 3SD bda dgn prhtungan skrg d masax uco. Katax master,,, tau pikiranx org. Mgkn dedy msh abege waktu itu jd tdk tangkp cr brhitungx uco. Ewako ces uco.. .”

Akun David menulis komentar, “dedy merendahkan ullcok . dasar ***** dedy.”

Akun Mickel Muhammad menulis komentar, “Udah Tau Deddy Corbuzier ************ Masih Didasari GimanaSichLoe.”

Akun Syamsuddin Syam menulis komentar, “Bang dedy pake kalkulator android.”

Ulcok Benar dan Corbuzier Benar, ini Ulasannya

Setelah itu, pada Facebook juga muncul sejumlah ulasan soal perbedaan hasil penghitungan dilakukan Ulcok yang tanpa alat bantu hitung, Deddy, dengan Jessica.

Satu di antaranya dari akun Yusran Anwar pada Facebook.

Pemilik akun mengaku mahasiswa Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia.

Siapa sebenarnya yang benar jawabannya?

Berikut ini ulasan Yusran Anwar.

Hitam Putih Trans7
Anak makassar bisa tonji

Fikirannya Ulcok mungkin Lagi terganggu apalagi dekat2 sama si master fikiran dedy corbuzer

Banyak netizen semalam memposting status atau twit ulcok salah2 itungnya, hal ini bikin sebagian kalangan penasaran termasuk saya

Bagi saya tdk mungkin salah itung krn kepintaran ulcok itu anugrah, bukan didapat dr bangku sekolah apalagi dr sejumlah teori hitung cepat.

Sepertinya terdapat mis persepsi soal metode hitung dimana Dedi menghitung angkanya secara teori bilangan dan operasi dalam bilangan sementara Ucok menghitungnya secara parsial dan hasilnya pun beda krn ulcok gak ngerti seperti sifat penjumlahan

1. Sifat komutatif ( pertukaran )
a + b = b + a

2. Sifat assosiatif (pengelompokan)
a + b + c = (a+b) + c = a + (b+c)

3. Sifat bilangan nol (0)

4. Sifat penjumlahan pada pecahan termasuk perkalian silang

5. Sifat penjumlahan dalam bentuk aljabar.

Sifat pengurangan

Sifat perkalian

Sifat pembagian

Sifat pemangkatan

Penarikan akar

Basis bilangan

Bilangan jam

Kelipatan bilangan

Faktor bilangan

Jadi intinya ulcok gak salah 100%

Cara itung versi Dedi: 83+72×24×84+79-52=145262

Cara itung versi Ucok 83+72=155×24=3720×84=312480+79=312559-52=312507

Dua2 nya benar menurut saya dan teman2 , hanya krna jalannya yg beda, hasilnya pun beda, netizen malah menggap ucok payah padahal kita yg nga teliti.

‪#‎RuslanYusufUlcok”

Ulasan Zulwaqar Asyraq

Akun Zulwaqar Asyraq, pemiliknya mengaku mahasiswa STMIK Handayani, Makassar, juga mengulasnya.

“Metode ulcok itu perhitungan langsung beda dengan master dedy : cth soal : 1+2×3 , versi ulcok : 1+2 = 3 x 3 = 9, jika dengan kaedah matematika yg benar 1 + (2×3) = 7 . sayangnya kakaknya tidak menjelaskan diacara tersebut. ini juga terjadi saat tampil dikompas tv hostnya mengatakan salah. ternyata kalau dihitung dengan versi ulcok yang tidak memperhatikan operasi yg kuat didahulukan sudah betul,” demikian ditulis Zulwaqar Asyraq.
Doktor Ungkap Metode Ulcok, Mentor Mengulas

Sebelumnya, Dr Asdar, pengajar matematika pada Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, mengungkap metode hitung Ulcok.

Dia mengungkapkan saat menguji Ulcok di kantor Tribun Timur, Makassar, Selasa (16/2/2016).

Metode pengitungan Ulcok beda dengan dalam teori matematika sehingga jawabannya kerap berbeda.

“Ini karena Ulcok hanya tamat kelas III SD sehingga tidak mengenal teori matematika. Cara menghitungnya menyerupai pedagang,” kata doktor alumnus Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Jawa Timur ini.

Amran Hapsan, yang ikut mendampingi Asdar menguji Ulcok juga mengulas metode penghitungan digunakan.

“Sedikit analisa yg mungkin sy bisa berikan kepada org2 yg sempat nonton Ulcok di acara hitam putih, krn katax, Ulcok banyak salahnya…

To the point, contoh pertanyaan yg kami berikan ke Ulcok waktu di kantor tribun timur makassar, 2-3×5 brapa? Org yg mngikuti pendidikan formal/nonformal pasti akan menjawabx -13. Kalkulator scientific juga pasti memberikan hasil -13. Tpi jawaban Ulcok -5. Dan Ulcok merasa benar.. Tidak ada yg perlu disalahkan di sini, cuma kami ingin meluruskan bahwa, kenapa jawabn Ulcok sperti itu? Hal itu dikarenakan, operasi campuran, yg mana lebih kuat antara + atau x, itu tidak sempat didapatkan oleh Ulcok krn hal itu mungkin baru diajarkan di kls 5 atau 6 SD, smentara Ulcok sendiri tdak tamat kls 3 SD.. Jadix, Ulcok mengoperasikan dari depan…makax dapat -5. Ini butuh pengertian dari kita semua. Seandaix Ulcok kuliah trus, maka sy yakin, pelajaran matematika yg rumit bagaimanapun, dia bisa pecahkan krn dia punya potensi akan itu…

‪#‎Ulcok‬
‪#‎KalkulatorberjalannyaMakassar‬,” tulis Amran, mentor matematika pada bimbingan belajar JILC melalui akunnya pada Facebook.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: