7 Cara Menjadi Mahasiswa Favorit Dosen

0
HanyaBerbagi.com - Bagi mahasiswa, pasti menjadi mahasiswa kebanggan dosen adalah hal yang paling diidamkan. Tetapi, sering kita temui seorang dosen dengan berbagai karakter yang berbeda-beda.

Bagaimana jika Anda masih mengalami kesulitan dalam menghadapi dosen? Coba, ikuti tips di bawah ini.

Berikut 7 cara menjadi mahasiswa favorit dosen.

1. Menjadi panitia acara program studi seperti seminar, konferensi, atau weekly discussion.


Mahasiswa yang aktif untuk ikut peran serta dalam kegiatan program studi akan dikenal oleh dosen. Untuk itu, jangan kaget jika banyak dosen yang suka mahasiswa aktif di luar kelas juga terlebih dalam acara program studi.

2. Menjadi sukarelawan.
 Dosen juga senang melihat mahasiswa yang menjadi sukarelawan. Dosen akan senang berdiskusi dengan Anda karena kegiatan-kegiatan yang seru.

3. Biasakan untuk menggunakan bahasa yang sopan.
Jangan menggunakan tindakan, bahasa, dan gerakan tubuh yang tidak sopan. Meski ada dosen yang terlihat santai dan gaul, tetap saja Anda harus menghormatinya.

4. Sesekali bawa cemilan kesukaan dosen.
Tidak perlu yang berharga mahal. Cukup belikan cemilan yang dosen Anda sukai saja, itu sudah dapat menarik hatinya.

5. Sering-sering berkonsultasi dengan dosen.
Dosen akan senang jika Anda tidak bersikap arogan dan sering berdiskusi dengannya. Tetapi, Anda juga harus melihat situasi. Biasakan untuk janji terlebih dahulu karena kita tidak tahu kesibukan dosen.

6. Aktif saat dosen mengajukan pertanyaan.
 Menjadi aktif di kelas bukanlah untuk mencari muka di depan dosen. Tetapi, Anda melakukan itu karena berusaha mengikuti proses perkuliahan di kelas. Dosen akan senang melihat siswa yang aktif karena dirinya merasa tidak akan dicueki saat berada di dalam kelas.

7. Jika Anda ingin menyanggah, sertakan dengan bukti dan sumber.
Dosen akan senang jika Anda berani menyanggah tetapi disertai dengan sumber dan bukti yang akurat. Dosen akan merasa situasi itu adalah situasi share knowledge. Tetapi, Anda juga harus ingat jangan sampai Anda ngotot saat menyanggah karena itu akan dianggap Anda kurang sopan dan menyebalkan.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: