Beli Oleh-oleh Mudik Lebaran Murah? Ikuti 5 Tips ini !

0
HanyaBerbagi.com - Beli oleh-oleh untuk teman-teman di kota setelah pulang kampung  memang menjadi tradisi di Negeri kita ini. Tidak lengkap rasanya kembali dari kampung tanpa membawa buah tangan khas daerah kampung halaman.

via ikhaat.blogspot.com

1. Jangan sungkan menawar

Saat belanja di grosir, bazar, maupun pasar kamu harus berani menawar. Jangan pernah takut untuk menawar karena harga yang dipasang biasanya memang disiapkan untuk ditawar. Jadi jika kalian tidak menawar bisa-bisa kalian rugi. Namun perlu diingat jangan menawar terlalu rendah, karena mereka para penjual juga mencari keuntungan. Jadi jangan sungkan menawar selama tawaran anda masuk akal.

2. Gunakan bahasa daerah

Negara kita dianugerahi keragaman yang membuatnya begitu indah. Salah satunya bahasa. Nah, dalam hal ini bahasa daerah juga dapat menjadi jembatan saat melakukan penawaran. Karena bagi para penjual, dengan kita menggunakan bahasa daerah maka akan tercipta suasana kekeluargaan tersendiri. Hal ini tentunya juga akan memuluskan proses penawaran anda.

3. Jangan pakai baju bagus

Hal ini bisa dibilang banyak diabaikan orang-orang ketika belanja di pasar. Kebanyakan pedagang sering memberikan harga diatas rata-rata kepada para pendatang. Maka dari itu,  sebaiknya kamu harus berpenampilan seperti orang sekitar. Hindari pakaian mencolok yang menujukkan bahwa kamu adalah pendatang.

4. Jangan membawa kendaraan

Sudah jalan kaki saja. Kalau jauh cukup gunakan angkutan umum. Hal ini dikarenakan tidak sedikit pedagang akan melambungkan harganya ketika melihat calon pembelinya datang dengan kendaraan mewah.

5. Bali banyak

Cara ini merupakan cara ampuh untuk berbelanja oleh-oleh. Dengan membeli banyak biasanya akan memukul harga hingga 20-25 persen lebih murah daripada membelinya secara eceran, tentunya tergantung jumlah barang yang dibeli. Maka dari itu jangan ragu untuk sekaligus membeli banyak dalam satu penjual.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: