Ganti Smartphone? Perhatikan Hal Berikut

0
HanyaBerbagi.com - Momen Hari Raya Idul Fitri sering dimanfaatkan banyak orang untuk mengganti smartphone mereka dan menjual smartphone yang lama. Namun, sebelum anda mengganti smartphone dan menjual yang lama ada baiknya andamemperhatikan hal-hal  berikut :
via lintasnews.com

1. Keluarkan Kartu SIM dan MicroSD

Sederhana namun sering dilupakan. Kedua kartu ini merupakan data yang penting dalam suatu smartphone, sehingga saat hendak mengganti smartphone jangan lupa untuk mengeluarkan dua benda ini dari smartphone lama.
Mengapa keduanya penting? Pertama, kartu SIM menyimpan banyak data tentang nomor telepon orang terdekat. Selain itu data yang tersisa dalam SIM card juga berguna untuk smartphone selanjutnya. Sedangkan MicroSD termasuk penting karena menyimpan banyak data seperti foto, musik, video, dan lain-lain.

2. Lakukan Backup data

Jika smartphone anda terhubung dengan akun Google, maka data-data dapat langsung di-backup melalui cloud. Maka saat anda memasukkan email ke smartphone baru, data pada smartphone lama akan langsung masuk.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan penyimpanan cloud yang tentunya dapat mempermudah penyimpanan anda. Namun, jika anda merasa tidak suka dengan mode seperti ini anda dapat melakukan backup manual dengan menggunakan memori eksternal seperti hard disk laptop.

3. Factory Reset

Saat data dalam smartphone telah dipastikan aman, jangan lupa untuk membersihkan seluruh data yang tersisa dalam smartphone. Caranya dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan ke mode pabrik.

4. Kumpulkan aksesoris original dan pihak ketiga

Jika smartphone sudah bersih, mulailah untuk mengumpulkan aksesoris-aksesoris bawaan atau yang telah dibeli secara terpisah. Contohnya boks, nota penjualan, garansi, kabel USB ori, charger, maupun headsetuntuk disertakan dalam penjualan.

5. Bersihkan Smartphone lalu ambil gambar

Bersihkan smartphone menggunakan kain microfiber, setelah itu siapkan untuk mengambil gambar dengan kamera yang tepat. Prioritaskan pencahayaan yang baik, jangan sampai smartphone anda terpantul lampu. Kain putih juga dapat digunakan sebagai background untuk hasil gambar yang lebih menarik.

6. Jual smartphone bekas

Jika seluruh langkah diatas sudah dilakukan, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menjualnya melalui toko online terpercaya. Dengan demikian anda tak perlu was-was lagi saat akan berganti smartphone.

Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: