Kaktus Filter Alami Terbaik, Ini Buktinya

0
HanyaBerbagi.com - Peneliti dari University of South Florida berhasil menemukan bahwa air murni terbaik ternyata terdapat pada pir kaktus berduri. Mengapa demikian? Karena pada tanaman ini memiliki kemampuan sangat efektif dalam memindahkan bakteri dan sedimen dari air kotor, dan kabar baiknya tumbuhan ini hidup di seluruh dunia.

Penelitian ini bukan pertama kalinya mengetahui kemampuan kaktus ini. Komunitas Meksiko menggunakan kaktus untuk memurnikan air pada abad ke 19. Bagian lapisan getah tebal pada kaktus yang dapat menyimpan air, merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam memurnikan air tersebut.
Peneliti mencoba untuk menambahkan getah ke dalam air yang kotor akibat sedimen dan bakteri. Hasilnya, getah membuat bakteri dan sedimen bergabung, lalu mengendap dan memisahkan 98 persen bakteri dalam air.

Peneliti mendapati komunitas di negara berkembang melibatkan kaktus pada kehidupan mereka. Mereka mengambil getahnya dengan merebus sepotong kaktus kemudian getah tersebut ditambahkan ke dalam air, layaknya yang dilakukan para peneliti.

Namun, ada rintangan yang perlu diatasi. Penyebaran dan pengembangan kaktus memerlukan sumber daya yang harus dipersiapkan. Dan cara untuk meyakinkan masyarakat bahwa air hasil saringan kaktus ini memang benar-benar bersih.

Jika beberapa masalah ini dapat dipecahkan, maka air murah dan bersih dapat dinikmati jutaan orang di dunia ini.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: