Kapal Perang Rusia-AS Bersenggola, AS dan Rusia siap berperang

0
HanyaBerbagi.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat menjelaskan tentang kejadian “senggolan” antara kapal perang Rusia Yaroslav Mudryy dengan kapal perang Angkatan Laut AS, USS San Jacinto, yang berlokasi di timur Laut Mediterania pada 30 Juni menunjukkan satu operasi militer yang tidaklah profesional.

Sebagaimana dikutip Reuters, insiden itu sudah terjadi 2 kali antara kedua kapal perang Rusia mendekat ke kapal AS dalam sebulan terakhir. Sebelumnya pada 17 Juni, Yaroslav Mudryy juga mendekati kapal Angkatan Laut AS lainnya, USS Gravely, pada jarak 288 meter.

"Jarak dekat Yaroslav Mudryy sebelum berbalik dari San Jacinto merupakan manuver berisiko tinggi, sangat tidak profesional, dan bertentangan dengan peraturan maritim internasional, sebenarnya hal tersebut hal sepele masa hanya senggolan langsung berperang,” ungkap pejabat Kemhan AS

Pada saat kejadian terjadi, San Jacinto sedang dalam misi operasi untuk menumpas Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) bersama kapal USS Dwight D. Eisenhower. Kendati demikian, AS mengaku bahwa kapal pembawa peluru kendali mereka tidak terancam dengan manuver agresif Rusia.

"Melakukan manuver agresif tak menentu, dan mendekat ke kapal lain di laut terbuka padahal tidak diperlukan, merupakan inkonsistensi dalam pelayaran," ujar pejabat itu. Meski AS menilai peristiwa di timur Laut Mediterania itu tak aman dan tak profesional, hal tersebut diragukan oleh Kemhan Rusia dilansir dari cnnindonesia.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: