Tips Menghemat Paket Data

0
HanyaBerbagi.com -  Seiring berkembangnya komunikasi yang dilakukan melalui ponsel, maka semakin banyak kebutuhan paket data yang diperlukan. Anda harus benar-benar bisa memperhatikan paket internet atau kuota data Anda.

Jangan sampai, kebutuhan paket internet Anda malah menjadikan Anda pribadi yang boros. Untuk itu, ikuti tips-tips di bawah ini untuk menghemat paket data Anda.

Berikut tips menghemat paket data.

1. Awasi penggunaan data
Kenali dulu tipe-tipe konsumsi datanya. Apakah lebih sering habis karena media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau karena digunakan mengunduh aplikasi. Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menggunakan paket data, kemudian atur kapan saja Anda dapat membuka aplikasi tersebut.

2. Matikan update otomatis
Sebaiknya matikan saja fitur ini. Lalu pilih pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis saat terhubung dengan wi-fi saja. Jika tak terkendali, fitur ini malah jadi jebakan yang akan membuat kuota data Anda ludes.

3. Minimalkan download aplikasi
Minimalkan untuk mengunduh aplikasi menggunakan koneksi seluler. Terlebih bagi Anda yang suka bermain game. Kadang, setelah mengunduh, Anda masih diharuskan untuk mengunduh data-data pendukung lainnya. Ketika ditotal pun, data bisa mencapai 1 GB. Lebih baik, jika Anda ingin mengunduh aplikasi tertentu, hubungkan dengan wi-fi.

4. Perhatikan penggunaan untuk menonton video
Bila Anda ingin menghemat kuota data Anda, sebaiknya hindari menonton streaming video melalui koneksi seluler. Jika pun Anda ingin menonton video, rubah kualitas videonya menjadi rendah. Alternatif lainnya, kini Youtube menyediakan fitur baru dengan menonton video offline. Sama dengan poin di atas, jika Anda ingin menonton video dengan kualitas yang bagus, hubungkan dengan wi-fi.

5. Kompresi data di browser
Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering menjelajah internet menggunakan ponsel. Peramban yang memiliki situs ini yaitu Chrome dan Opera Mini. Ini sangat berguna karena keduanya menggunakan server mereka sendiri untuk mengompres data situs yang Anda kunjungi, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: