Remaja Harus Mengetahui Potensi yang Ada Dalam Dirinya

0
HanyaBerbagi.com - Anak muda pasti ingin menemukan passion dan bakat yang sesuai dengan keinginan mereka. Hal utama yang harus diketahui adalah bakat dan potensi apa yang ada di dalam diri masing-masing.

Jangan sampai mengikuti hobi teman yang justru malah membuat Anda menjadi tertekan. Untuk menggali potensi apa saja yang Anda miliki, Anda bisa mengikuti tips-tips yang diberikan oleh psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo berikut ini.

Menurutnya, remaja harus mengetahui potensi yang ada dalam dirinya karena berhubungan dengan masa depan mereka.

Nah, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menggali potensi diri.

1. Membuat jurnal pribadi.
Jurnal ini berisi catatan positif mengenai hal-hal yang ada dalam diri Anda. Dengan membuat jurnal, Anda bisa menggali potensi diri Anda.

2. "Me time" diperlukan.
Gunakan waktu "me time" untuk merenung. Tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda mau dan Anda suka. Cari waktu tenang dimana saja, seperti di taman, toilet, kafe, perpustakaan, dan lain sebagainya.

3. Buatlah target.
Anda bisa membuat target, seperti di minggu ini Anda harus membaca minimal satu buku atau paling tidak, Anda mempunyai teman baru dan lingkungan pertemanan yang baru.

4. Jangan gengsi untuk meminta bantuan teman.
Anda bisa mengandalkan teman yang Anda percaya untuk bertanya potensi diri yang Anda miliki. Selain teman, Anda juga bisa mengandalkan keluarga Anda. Jika Anda masih belum menemukan potensi diri yang sesuai, Anda bisa pergi ke psikolog untuk mendapatkan arahan.

5. Mau berusaha dan mengasah potensi.
Untuk menemukan bakat harus ada usaha yang Anda lakukan. Yang terpenting adalah kemauan untuk berusaha menemukan potensi dan bakat yang ada dalam diri kamu.

Semoga Anda segera menemukan bakat yang Anda miliki, yaa.. 
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: