Tips Finansial Untuk Mengatur Keuangan Anda di Usia 20-an

0
HanyaBerbagi.com - Setuju atau tidak bahwa saat Anda menginjak umur 20, maka Anda harus memikirkan masa depan Anda secara matang-matang. Karena di usia ini, Anda sudah menginjak masa dewasa dan sudah bisa menentukan pilihan hidup Anda secara rasional.

Pilihan-pilihan tersebut juga dapat menentukan masa depan Anda, seperti soal keuangan dan pekerjaan Anda.  Namun, terkadang dari mereka yang sudah menginjak usia 20, masih belum bisa menentukan akan dibawa kemana tujuan hidup mereka.

Berikut tips finansial untuk mengatur keuangan Anda di usia 20-an.

1. Jangan terlalu menjadi pemilih pada pekerjaan pertama Anda.
Beberapa dari Anda mungkin ada yang sudah memutuskan untuk mencari pekerjaan, entah menjadi pekerja paruh waktu atau pekerja lepas. Semua itu sudah menjadi pilihan Anda. Bagi Anda yang baru pertama kali menginjakkan kaki di dunia pekerjaan, usahakan untuk tidak pilih-pilih. Mungkin, pekerjaan pertama Anda memang tidak memberikan gaji yang fantastis, namun dari sana lah Anda akan memahami bagaimana memulai sesuatu dari nol dan memulainya dengan kerja keras yang tinggi. Ini jauh lebih baik daripada menganggur dan melewatkan kesempatan belajar.

2. Hidup hemat ala mahasiswa sampai Anda kuat secara finansial.
Kesalahan yang dilakukan mahasiswa saat mengetahui dirinya bisa menghasilkan uang adalah dengan membelajankan uang tersebut melebihi batas kemampuannya. Tetap hidup berhemat ala mahasiswa di tahun pertama sampai Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan bijak.

3.  Bagi gaji Anda menjadi 5 bagian spesifik.


Li Ka-Shing, orang terkaya se Asia memberikan tips untuk membagi gaji Anda menjadi 5 bagian, yaitu biaya hidup, biaya sosial dan menjamu teman, dana untuk mengembangkan kualitas diri, dana wisata, serta dana untuk berinvestasi. Dengan begitu, Anda memiliki guideline dengan jelas untuk mengatur keuangan Anda. 

4. Bersenang-senanglah dengan cara yang spesifik.
Disarankan untuk Anda bersenang-senang agar Anda tidak mengalami stres dalam menghadapi beban kerja. Untuk bersenang-senang, Anda harus bisa menjadikannya secara spesifik yaitu dengan membuat list kemana dan kapan Anda akan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Saat berkumpul bersama teman sekalipun, Anda harus bisa memikirkan pengeluaran yang akan Anda keluarkan saat nongkrong bersama teman-teman Anda. Anda harus pintar-pintar memilih pesanan agar Anda bisa mengatur keuangan Anda.

5. Jangan tergiur dengan merk gagdet terbaru.
Mereka yang menginjakkan kaki di umur 20 dan yang sudah mendapatkan penghasilan sendiri, biasanya akan tergiur dengan merk-merk gadget terbaru. Padahal, kesuksesan tidak tergantung kepada ganget terbaru. Gadget secanggih apapun tidak akan bisa menyelamatkanmu dari kebutuhan mendadak. Justru uang tabungan dan investasi lah yang bisa.

6. Tidak usah menggunakan kartu kredit jika tidak terlalu membutuhkan.
Jangan tergiur dengan promo dan kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kartu kredit. Jika Anda tidak pintar mengaturnya, maka bisa jadi Anda terkena bungan yang berlipat ganda dan terlilit hutang.

7. Bekerjalah sekeras mungkin dan bekerjalah secerdas mungkin.
Hal ini yang paling penting dari semuanya. Kerjakan pekerjaan Anda semaksimal mungkin dan gunakan waktu dengan taktis. Bekerjalah dengan efektif dan efisien agar kamu tidak menyia-nyiakan kemampuan yang kamu miliki. Tidak hanya bekerja kera, kamu juga perlu bekerja cerdas.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: