Tradisi Pemakaman yang Sangat Unik, yaitu dengan Pengasapan

0
HanyaBerbagi.com - Setiap tempat pasti memiliki tradisi pemakaman yang berbeda-beda. Terkadang, tradisi itu juga memberikan sisi unik yang membuat wisatawan datang untuk melihatnya.

Seperti tradisi pemakaman yang ada di suku Dani berikut ini. Suku yang berasal di Papua Barat, sebuah pulau di tengah Papua Nugin ini memiliki tradisi pemakaman yang sangat unik, yaitu dengan pengasapan.
 
Orang yang meninggal di suku ini akan didiamkan selama 200 hari dalam posisi duduk dan diawetkan dengan cara diasapkan di atas perapian namun dengan suhu yang tidak terlalu besar. Setelah diasapkan, jenazah disimpan di rumah adat.

Hal itu dimaksudkan agar orang-orang keturunan yang meninggal masih bisa melihat dan memegangnya. Tradisi ini memang sudah dilakukan secara turun-temurun dengan maksud sebagai simbol penghormatan tertinggi pada leluhur mereka.

Semua proses yang dilakukan pada jenazah dinamakan dengan mumifikasi dan telah dilakukan selama ratusan tahun. Berkat kelestarian budaya dan adat istiadat, suku Dani berhasil menarik wisatawan dari seluruh dunia beberapa tahun terakhir.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: