Hebat! Penyandang Disabilitas Memodifikasi Motor Untuk Mandiri

0


berita.rizalmedia.com - Suwanto pria berusia 36 tahun ini hanyalah sosok pria sederhana yang biasa. Bertempat tinggal di Jangli Golf RT 8 RW 2 Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Semarang.Suwanto adalah salah satu dari banyak orang yang menyandang tuna daksa dengan sejuta keinginan.

Hidup dibawah kekurangan Suwanto ingin hidup mandiri dan tidak mau merepotkan orang lain. Suwanto yang bekerja sebagai penjahit ini bahkan mampu membuat motor khusus penyandang disabilitas. Sebelumnya Suwanto dibantu Andi Legianto jika ingin berpergian kemana-kemana sebagai adik Andi pun dengan senang hati mengantar sang kakak untuk melakukan aktivitas diluar rumah.

Derita yang di alamai Suwanto bukan karen cacat kecelakaan melainkan sudah di derita semenjak usianya masih menginjak 8 bulan. Penyakit Polio yang merenggut kesempurnaan suwanto sehingga suwanto hanya mampu menyelesaikan Pendidikannya hanya sampai SMP karena kesulitan dalam berkendara. Suwanto memulai membuat modifikasi motor untuk penyandang disabilitas dengan membeli motor bekas seharga Rp 600 ribu.

Bekerja sebagai penjahit tidak menutup kreatifitasnya dan semangatnya untuk bisa hidup mandiri seperti orang normal lainnya. Motor pertamanya yaitu Kawasaki Joy yang ia modifikasi menghabiskan dana sekitar 1 juta rupiah. Kini sekarang Suwanto bisa berpergian sendiri tidak lagi tergantung dengan adiknya. Keberhasilnnya membuat motor modifikasi sekarang banyak pesenan untuk para disabilitas. Suwanto pun sekarang membuat komunitas sesama penyandang disabilitas untuk berkumpul dan berbagi kesenangan bersama untuk menghilangkan jenuh.

Suwanto pun mengembangkan kelebihannya bukan hanya sepeda motor saja yang ia modifikasi sepeda ontel pun ia sulap untuk para penyandang disabilitas. Suwanto mempunyai gagasan para disabilitas bukan untuk dikasihani tapi diberdayakan layaknya manusia lainnya.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: