Kejadian Gempa yang Berlangsung Pagi Ini Terbilang Cukup Aneh

0
HanyaBerbagi.com - Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR mengguncang Jakarta dan Banten bagian utara. Gempa itu terjadi pada pagi hari tadi, Rabu 19 Oktober 2016 pada pukul 07.25 WIB.

Gempa tersebut terjadi dengan pusat gempa di Laut Jawa, 120 km timur laut Subang dengan kedalaman 654 km. Beruntung, gempa pagi ini dilaporkan tidak menimbulkan potensi tsunami.
Seperti yang dilaporkan oleh BNPB bahwa meski kekuatan gempa mencapai 6,5 SR, hal itu tidak akan menimbulkan tsunami dikarenakan usat gempa sangat dalam yaitu 654 km di bawah dasar Laut Jawa. Pusat gempa berada di dalam Lempeng Eurasia. Bukan pada subduksi lempeng.

Gempa ini dirasakan oleh warga di beberapa daerah. Gempa yang berlangsung selama 5 hingga 8 detik ini dirasakan oleh beberapa daerah di Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon, dan Sumedang meskipun guncangannya cukup lemah.

Belum dilaporkan mengenai korban jiwa dan kerusakan-kerusakan akibat gempa pagi ini. Terlihat aktivitas masyarakat masih berjalan normal.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, kejadian gempa yang berlangsung pagi ini terbilang cukup aneh karena bersumber pada daerah-daerah sesar atau subduksi yang sering muncul gempa tetapi di dalam lempeng Eurasia.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: