Cangkang Siput Ini Dapat Mengeluarkan Cahaya

0
HanyaBerbagi.com - Beberapa jenis hewan pasti memiliki cara sendiri untuk melindungi diri. Seperti cumi-cumi yang akan mengeluarkan tinta atau cicak yang akan memutuskan ekornya.

Namun, ada sesuatu yang unik pada sebuah jenis siput bernama Hinea Brasiliana. Yang membuatnya unik adalah cangkang siput ini dapat mengeluarkan cahaya. Siput ini berbeda dari siput lainnya yang pada umumnya.

Cahaya yang dipancarkan dari cangkangnya ini akan secara tiba-tiba mengejutkan mangsanya. Dengan begitu, hal ini akan membuat si siput menggunakan kesempatan waktunya selama si mangsa terkejut untuk masuk ke dalam cangkangnya.
Para peneliti menemukan bahwa cara Hinea Brasiliana memancarkan cahaya hijau dengan cara yang unik ketika berhadapan dengan predator adalah seperti kepiting dan udang saat berenang. Hinea akan menyebarkan cahayanya melewati sel cangkang. Hal ini akan membuatnya lebih terlihat besar.

Peneliti juga menemukan bahwa warna kekuningan dari shell yang tidak mematikan warna cahaya yang dihasilkan oleh siput, yaitu hijau. Bahkan, shell berperan dalam penyebaran warna hijau. adaptasi siput dalam penggunaan shell sangat menarik untuk penelitian optik dan bioteknologi. Memahami karakteristik dari shell bisa membantu para ilmuwan untuk mengembangkan bahan khusus yang memiliki fungsi yang sama
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: