Indonesia Menjadi Negara yang Menjadi Lokasi Ideal Untuk Menyaksikan Supermoon

0
HanyaBerbagi.com - Tahun ini bisa menjadi tahun keberuntungan bagi Indonesia. Pasalnya, negara Indonesia menjadi tempat yang strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total pada bulan Maret lalu. Kini, negara Indonesia menjadi negara yang menjadi lokasi ideal untuk menyaksikan supermoon pada hari ini, 14 Oktober 2016.
Berdasarkan National Geographic, Senin (14/11), supermoon biasanya terjadi saat bulan mencapai fase purnama di titik terdekat dari Bumi atau yang disebut dengan perigee. Karena berada di titik terdekat maka purnama akan terlihat sedikit lebih besar dan terang. Uniknya, supermoon malam ini merupakan kejadian dimana bulan menjadi yang terdekat, terbesar, dan paling terang sejak tahun 1948 atau setelah hampir 70 tahun.

Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dan bulan bervariasi. Kadang, bulan berada pada titik terjauh (apogee) dan kadang berada pada titik terdekat (perigee). 

Sebelumnya, pada tahun 1948 pernah terjadi supermoon yang ternyata juga yang paling besar. Pada saat itu, jarak bumi dan bulan mencapai 356.461 kilometer. Sedangkan, supermoon yang terjadi hari ini merupakan jarak bumi dan bulan adalah 356.500 kilometer. Supermoon pada hari ini merupakan supermoon yang paling besar.

Waktu ideal untuk melihat supermoon ini, khususnya di Indonesia adalah pada waktu puncak perigee yang berlangsung pada pukul 19:27 WIB. Lalu dilanjutkan dengan puncak purnama pada jam 20:52 WIB. 
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: