Jokowi Mengajak PM Singapura Belajar Membatik

0
berita.rizalmedia.com - Presiden Joko Widodo memerkenalkan kerajinan batik pada Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong. Jokowi mengajak PM Lee dan istrinya, Ho Ching untuk menyaksikan proses pembuatan batik tulis secara langsung yang berada di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/11).

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmuddin mwngatakan bahwa di sentra pembuatan batik tulis tersebut PM Lee dan sang istri memerhatikan bagaimana pengrajin melukis kain polos dengan canting. PM Lee bahkan mengabadikan kegiatan para pembatik melalui kamera ponselnya.

Usai melihat bagaimana proses pembuatan kain tradisional Indonesia tersebut, PM Singapura tertarik untuk bisa mencoba sendiri membuat pola batik. Ia dan istrinya juga ikut menggoreskan canting di atas pola batik. Selain itu Presiden dan Ibu Iriana sibuk memerhatikan kedua tamu negara tersebut.

Sebelum belajar membatik, PM Lee telah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi. Keduanya sepakat meningkatkan hubungan kerja sama di berbagai bidang. Hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura akan memasuki tahun ke 50 pada 2017 yang akan datang.

Singapura saat ini telah tercatat sebagai mitra strategis Indonesia dalam bidang ekonomi. Negeri tetangga tersebut termasuk negara yang memiliki investasi terbesar di Indonesia. Dari periode Januari sampai September 2016 lalu misalnya, investasi yang dikucurkan pemerintah Singapura di Indonesia mencapai 7,1 milyar dolar AS. Nilai tersebut mengalami kenaikan sebesar 44 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: