Kapolri Mengingatkan Brimob untuk Jaga Kekompakan dengan TNI

0
berita.rizalmedia.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat ini telah berkali-kali mengingatkan jajaran di bawahnya untuk menjaga hubungan baik dengan TNI. Permintaan ini dilakukan Kapolri, lebih lagi kepada Brimob yang sama-sama merupakan petugas bersenjata. Dalam amanatnya di hadapan pasukan Brimob Polri, Tito kembali menekankan pentingnya menjaga kekompakan dengan TNI.

"Kepada seluruh personel, saya berpesan untuk meningkatkan kemampuan, terus latihan, dan keterampilan," ungkap Tito dalam amanatnya pada acara HUT ke-71 Brimob Polri di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Senin (14/11/2016)

"Dan jaga selalu kekompokan internal korps Brimob, termasuk satuan TNI," kata dia. Acara tersebut turut dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Tito mengatakan, dengan adanya kekompakan dengan TNI, maka tugas bersama untuk mengawal keutuhan negara dan menjaga stabilitas keamanan bisa maksimal. Salah satu contoh kerja sama Brimob Polri dan TNI yaitu dalam satuan tugas Tinombala memburu kelompok teroris di Poso.

"Sekali lagi, saya tegaskan Brimob satuan kebanggaan Polri. Pertahankan terus," kata Tito. Dalam kesempatan itu, Tito juga menyampaikan terima kasih kepada Gatot atas kerja samanya. Sekali lagi, ia mengulang penekanan kepada Brimob untuk menjaga hubungan baik dengan TNI. "Saya tugaskan anggota Brimob untuk jalin hubungan sebaik-baiknya dengan satuan TNI, pemerintah, dan rakyat agar semakin dekat," ungkap Tito sebagaimana dilansir dari kompas.

Pada saat kunjungan Tito sebelumnya ke Mako Brimob, hal yang sama juga ia sampaikan di hadapan jajaran Brimob Polri. Saat itu, ia mengatakan ada pihak yang berupaya memecah belah TNI dengan Polri. Hal tersebut lantaran muncul isu adanya rivalitas antara dua instansi tersebut. "Ada kecenderungan yang berusaha untuk membenturkan antara Polri dan TNI. Saya yakin TNI dan Polri akan sangat solid," kata Tito.

Untuk Pilkada serentak 2017 mendatang, TNI membantu polisi dalam rangka pengamanan. Kata Tito, hal tersebut membuktikan bahwa TNI dan Polri solid dalam fungsinya mengamankan negara. Hal senada juga ditekankan Presiden Joko Widodo.

Ia meminta TNI-Polri menjaga kekompakkan di lapangan. Apalagi , kekompakan tersebut juga harus diimplementasikan dalam setiap tingkatan, mulai dari level prajurit hingga perwira tinggi. Jokowi pun memuji kekompakkan TNI-Polri ketika mengawal unjuk rasa di kawasan Istana, 4 November 2016 lalu.

 "Saya yakin bukan hanya saya, tapi seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke mengapresiasi soliditas, kekompakan dan pendekatan persuasif TNI dalam menjaga Jakarta, menjaga tanah air sehingga unjuk rasa tertib dan damai," tutur Jokowi.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: