Karena 5 Gereja Ini Menyimpan Banyak Sekali Tulang Belulang di Dalamnya

0
HanyaBerbagi.com - Gereja adalah tempat suci umat Kristiani untuk beribadah. Pembangunan gereja pun bervariatif, salah satunya adalah gereja yang dibangun dengan mempunyai kandungan nilai seni tersendiri.

Gereja biasanya identik dengan bangunannya yang megah. Dibalik megahnya bangunan gereja terutama yang terletak di negara Eropa, terdapat gereja unik yang dijuluki sebagai gereja tengkorak (The Bones Church). Kenapa dijuluki sebagai gereja tengkorak?

Karena 5 gereja ini menyimpan banyak sekali tulang belulang di dalamnya. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan tulang belulang manusia sebagai dekorasi.

1. Capuchin Catacombs of Palermo – Palermo, Italia.
Di sini para biarawan Capuchin menemukan teknik mumifikasi jenazah manusia. Namun, karena banyak orang ingin dimakamkan di sana, para biarawan akhirnya membuka catacomb bagi penguburan masyarakat biasa yang tidak biasa adalah, mereka yg dimakamkan di catacomb ini semuanya didandani dengan pakaian tertentu dan dipajang untuk diperlihatkan pada publik.

2. Hallstatt Karner – Hallstatt, Austria.

 3.  Hallstatt Karner – Hallstatt, Austria.
 4.  San Bernardino alle Ossa – Milan, Italia.
Gereja Santo Bernardino tampak seperti gereja biasa pada umumnya. Tapi di sini terdapat koleksi belasan ribu tengkorak yang dipajang di dindingnya yang diletakkan di sebuah osarium yang sangat kecil. Penataan tulang belulangnya pun artistik. Beberapa tengkoraknya diatur membentuk simbol salib.

 5.  Sedlec Ossuary – Sedlec, Republik Ceko.
Biarawan Capuchin menamainya Sedlec Ossuary. Sedlec dibangun pada abad ke-15 dan dihiasi dengan 40.000 tengkorak manusia. Tengkorak ini mayoritas berasal dari 'black death' (wabah pes) yg melanda Eropa pada abad pertengahan. Puluhan ribu jenazah diletakkan begitu saja, dan kemudian dimanfaatkan para biarawan untuk menghias gereja.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: