Komisi 3 Menolak Hadiri Gelar Perkara Kasus Ahok

0
berita.rizalmedia.com - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menyatakan bahwa Komisi III tidak akan menghadiri pelaksanaan gelar perkara kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok. Undangan dari Bareskrim Polri untuk menghadiri gelar perkara itu telah diterima Komisi III. Direncanakan, gelar perkara akan dilakukan pada Selasa (15/11/2016) besok oleh Bareskrim.

"Tanpa mengurangi rasa hormat kami, Komisi III sepakat tidak hadir untuk menjaga independensi Polri sebagai institusi sebagaimana diamanatkan undang-undang," tandas Bambang, melalui keterangan tertulisnya, Senin (14/11/2016). Bambang menuturkan Komisi III sangat mengapresiasi undangan dari Kapolri.

Tetapi, ia menyatakan, sebagai lembaga politik, DPR tidak bisa lepas dari berbagai kepentingan partai politik yang ada di dalamnya. "Kami juga menyadari posisi Kapolri yang sangat dilematis. Dan sangat berharap apabila Kapolri tetap berdiri tegak lurus pada upaya penegakan hukum berdasarkan UU yang berlaku tanpa gentar pada tekanan publik maupun tekanan pihak-pihak tertentu," tutur politisi Golkar itu.

Sebelum itu, Kepala Divisi Humas PolriIrjen Pol Boy Rafli Amar mengungkapkan bahwa gelar perkara tersebut akan melibatkan pihak eksternal yakni saksi ahli yang dihadirkan pelapor maupun terlapor. Selain itu, acara ini melibatkan Ombdusman, Komisi III DPR RI, dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebagai unsur netral untuk pengawasan.

Selain itu, dari internal Polri akan dihadiri Divisi Profesi dan Pengamanan, Inspektorat Pengawasan Umum, Biro Pengawas Penyidikan, dan penyelidik yang menangani kasus itu. Hasil dari gelar perkara itu akan disimpulkan oleh penyidik. Kemudian, penyidik yang akan menentukan apakah ada tindak pidana dalam kasus itu dan naik statusnya menjadi penyidikan atau tidak. Pengumuman hasil gelar perkara akan disampaikan Kepala Bareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukmanto pada Rabu (16/11/2015) atau Kamis (17/11/2016) mendatang.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: