KPUD DKI: Ahok Tidak Boleh Mundur Kalau Belum Ditetapkan

0
berita.rizalmedia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta saat ini melarang Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok untuk mundur begitu saja dari pencalonannya sebagai gubernur. Karena Ahok itu sudah terikat aturan sejak dia mendaftarkan diri di KPU.

"Mundur enggak boleh, Kalau calon sudah ditetapkan KPU, yang bersangkutan tidak boleh mundur," kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (12/11/2016). Katanya, saat mendaftarkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta, Ahok sudah membuat pernyataan di atas materai bahwa dia tidak akan mengundurkan diri.

"Kecuali kalau yang bersangkutan halangan, misalnya sakit keras sehingga tidak bisa menjalankan tugas-tugasnya," ungkapnya. Selanjutnya, pencalonan Ahok akan gugur jika dia menjadi terpidana dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.

"Status sebagai calon akan dibatalkan kalau terjadi pidana," tutur Sumarno. Ahok mengungkapkan bahwa pernah diminta mundur dari pencalonannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia sangat yakin orang yang memintanya mundur takut apabila dia terpilih kembali sebagai Gubernur Jakarta. "Jadi kalau saya mundur artinya apa? Lama-lama saya jadi mikir, jadi ini bener waktu suruh saya mundur, ini ujung-ujungnya cuma takut Ahok jadi gubernur lagi.

Takut amat sih gue jadi gubernur," ujar Ahok di kediamannya, Kompleks Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Ahok menjelaskan, permintaan mundur disampaikan usai polemik dan demo kasus penistaan agama yang dituduhkan padanya

 Orang yang memintanya mundur, kata Ahok, beralasan bahwa aksi demonstrasi terhadap Ahok akan terus berlanjut jika dia tetap maju di Pilkada DKI. Ini akan berakibat pada terganggunya kestabilan dan keamanan negara. "Ya alasannya (minta Ahok mundur), mereka akan turun (demo), akan ada demo terus. Presiden bisa diturunkan. Ini bisa jadi tidak terkendali ini. Jakarta ini. Orang akan datangi masa terus-menerus. Berhari-hari. Makin kacau," tandas Ahok dilansir dari liputan6.com.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: