LSI melakukan Survei Setelah Ahok menyandang status tersangka

0
berita.rizalmedia.com - Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA saat ini kembali merilis survei seusai gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok menyandang status tersangka.

Dalam survei itu, LSI menyebut tingkat keterpilihan pasangan Ahok-Djarot ini tinggal 10 persen. "Sebelum tersangka pun dukungan kepada Ahok-Djarot terus merosot, survei kami usai status tersangka tersisa 10,6 persen saja. Ini sangat mengancam kekalahan paslon nomor 2, serta berpotensi besar tersingkir di putaran pertama," tutur peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (18/11/2016).

Penurunan Pemilihan Ahok-Djarot ini, menurut Ardian, sebab lebih dari setengah pendukung loyal mereka memilih mundur. "Data kami mencatat 40 persen pendukung lama masih bertahan, dan 60 persennya memilih meninggalkan Ahok-Djarot," kata Ardian.

Hal ini, kata dia, akan lebih menguntungkan kedua rivalnya Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dukungan ke mereka juga mempengaruhi angka pemilih yang belum menentukan pilihan atau swing voters yang terus menurun setelah Ahok tersangka. "Sebelum berstatus tersangka, swing voters sebesar 34,50 persen.

Tetapi, setelah status Ahok berubah, angka (swing voters) jadi 24,6 persen. Ini menunjukkan mereka sebagian besar sudah mencondongkan pilihan ke paslon antara nomor 1 atau nomor 3," kata Ardian. Saat ini elektabilitas pasangan Agus-Sylvi meningkat dari 20,9 persen ke 30,9 persen dan Anies-Sandi meningkat 20 persen menjadi 31,9 persen.

Survei ini digelar pada 31 Oktober sampai 5 November dengan metode multistage random sampling. Ada 440 responden yang berpartisipasi dengan margin error 4,8 persen. Sebagai catatan, walaupun survei dilakukan sebelum status tersangka Ahok, sebaran kuesioner LSI Denny JA telah menyelipkan poin-poin pertanyaan yang merujuk apabila status tersangka resmi disandang.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: