Dinyatakan Susah Dipalsukan, Begini Pengamanan Uang Rupiah

0
berita.rizalmedia.com - Perilisan uang rupiah berdesain baru saat ini tengah menjadi topik hangat masyarakat. Peresmian Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu dilakukan sendiri oleh Presiden Joko Widodo, Senin (19/12).

Pihak Bank Indonesia (BI) sendiri menyatakan apabila uang rupiah baru itu akan sangat susah untuk dipalsu. Karena mereka sudah menyematkan pengamanan yang mumpuni pada 11 pecahan rupiah tersebut. Pihak BI mengaku apabila uang baru itu memiliki pengamanan color shifting. Apabila dilihat dari sudut pandang berbeda, akan tampak perubahan warna yang kontras dari uang tersebut.

Kemudian ada pengamanan rainbow feature. Yaitu adanya gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal jika dilihat dari sudut pandang lain. Yang ketiga adalah latent image, yaitu adanya huruf B dan I di bagian depan uang dan angka nominal pada bagian belakang jika diamati di sudut tertentu.

Ada juga pengamanan ultra violet feature, fungsi ini akan membuat desain UV feature memendar menjadi dua warna di bawah sinar matahari.

Tidak cukup sampai disitu, uang rupiah baru ini juga dilengkapi rectoverso yang membuat uang tersebut mempunyai gambar logo BI yang saling mengisi jika diterawang. Yang terakhir BI juga menyempurnakan kode tuna netra berupa efek rabaan yang lebih jelas untuk memudahkan penyandang tunanetra membedakan pecahan mata uang.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: