Fahri Hamzah Khawatir Sidang Terbuka Bisa Pengaruhi Hakim

0
berita.rizalmedia.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku bahwa dirinya tidak setuju dengan persidangan terbuka kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok. "Karena bisa saja mengganggu independesi majelis hakim.

Orang boleh demo sampai tahap Kepolisian tapi hakim harus dijaga independensinya," ungkap Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 13 Desember 2016 dilansir dari viva.co.id. Katanya, persidangan juga seharusnya tidak boleh disiarkan secara langsung bahkan tak boleh diabadikan melalui foto.

Prosesnya akan dicatat melalu tulisan oleh juru tulis. Persidangan yang terbuka dikhawatirkan akan bisa memengaruhi bahkan mengintimidasi sikap hakim, jaksa dan kuasa hukum.

"Maka pengadilan harus dibikin tertutup. Di luar (negara lain) ada aturan limit to broadcast. Kalau satu proses hukum masuk ke persidangan, secara terbatas boleh broadcast, limit to broadcast membuat aturan mekanisme peliputan dan komentar sehingga penciptaan opini di luar persidangan dibatasi,"ujarnya.

Dia menambahkan, perlunya ada siaran langsung dengan alasan sidang terbuka untuk menghindari munculnya dua jenis "persidangan" yaitu persidangan oleh hakim dan persidangan opini. Persidangan opini yang menurut Fahri bisa mengusik hal yang sudah dibatasi oleh hukum.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: