Lima Pengalaman Kampus Yang Berguna Saat Kerja

0
Pengalaman di Kampus

berita.rizalmedia.com - Menjadi mahasiswa yang aktif selama di kampus akan memberikan dampak yang positif saat mereka dihadapkan pada suasana baru dan orang-orang baru. Mereka tidak akan terlihat kikuk saat memulai adaptasi di lingkungna yang baru. Terutama saat mereka memasuki ruang kerja yang baru. Dan hal ini akan terlihat berbeda bila dibandingkan dengan mereka yang hanya kuliah-pulang-kuliah pulang atau mahasiswa kupu-kupu.

Begitu banyaknya kegiatan dan organisasi di kampus akan membuat mahasiswa menjadi lebih selektif dalam memilih aktivitasnya. Dikutip dari Asian Correspondent, berikut adalah pengalaman yang wajib diikuti selama di kampus yang nantinya akan berguna saat berada dalam dunia kerja. 

1. Ikut Dalam Kompetisi

Ikut berkompetisi dalam berbagai hal akan membuat mahasiswa memiliki rasa percaya diri yang tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang pasif. Menang itu adalah urutan kesekian, yang terpenting adalah bagaimana mereka dapat mengeksplorasi diri dan bekerja keras untuk memberikan hasil yang terbaik. 

2. Ikut Workshop Dan Diskusi

Kegiatan yang bnyak wara-wiri di kampus biasanya adalah kegiatan workshop dan dsikusi yang mendatangkan berbagaui ahli. Kamu bisa mengikti kegiatan ini, hal ini berguna untuk melatih kepemimpinan. Mahasiswa biasanya akan mudah termotivasi dengan kisah-kisah sukses mereka yang memang sudah ahli di bidangnya.

3. Magang

Pengalaman magang akan memberikan nilai tambah pada CV dan resume kalian. Karena sebagian besar perusahaan membutuhkan calon karyawan yang sudah memiliki bayangan bagaimana suasana kerja di lingkungan kerja. Banyak hal yang dapat dipelajari dari kegiatan magang, terlebih saat kalian magang  dan membuat kesaalahan, kalian akan lebih dikmaklum.

4. Keluar Dari Zona Aman 
Kampus adalah tempat yang baik buat kalian merasakan hal-hal baru. Selama belajar di kampus, jangan selalu memanjakan diri, cobalah keluar dari zona nyamanmu. Lihatklah banyak hal yang bisa kalian kerjakan. 

5. Perluas Jaringan
Jaringan alumni saja itu tidak cukup untuk kalian memasuki dunia kerja. Selama kuliah cobalah untuk memperluas jaringan hingga level internasional. Jagalah interakksi dengan baik, apalagi dengan orang yang sangat penting. Karena ke depannya jaringan tersebut akan memberimu  banyak kesempatan dalam memasuki dunia kerja.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: