LSI: Elektabilitas Agus Tetap Tinggi Walaupun Tidak Menghadiri Debat

0
berita.rizalmedia.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, memang saat ini beberapa kali tidak datang dalam debat yang digelar oleh beberapa stasiun televisi swasta. Apalagi, acara tersebut bisa menjadi tolok ukur warga Jakarta dalam memilih pemimpinnya.

Walaupun sangat jarang muncul dalam debat yang diadakan beberapa stasiun televisi tersebut, tetapi Agus Yudhoyono masih unggul secara elektabilitas. Dari hasil riset terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Agus-Sylvi unggul dengan 33,6 persen suara.

Ahok-Djarot menempati posisi kedua dengan 27,1 persen suara. Sementara itu Anies-Sandi menempati posisi terakhir dengan 23,6 persen suara. Peneliti senior LSI, Ardian Sopa, mengungkapkan bahwa debat yang diselenggarakan oleh beberapa stasiun televisi tidak banyak memberikan pengaruh.

Jadi, walaupun Agus-Sylvi tidak pernah hadir dalam acara debat yang membahas secara utuh permasalahan Jakarta tersebut, tidak berpengaruh banyak bagi elektabilitasnya. "Saya melihat, debat itu kan yang buat stasiun televisi, jadi yang nonton debat tersebut pasti sudah mempunyai pilihan, jadi tidak akan mengubah banyak," ungkap Ardian di Kantor LSI Denny JA, Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa, 20 Desember 2016.

Kata dia, debat tersebut juga tidak disiarkan secara menyeluruh di semua stasiun televisi di Indonesia. Dan perlu diketahui, debat tersebut bukan seperti Pemilihan Presiden RI, yang warga dari Sabang sampai Marauke pasti akan menonton.

"Jadi yang menonton debat itu rata-rata sudah menetapkan pilihan. Dan debat itu akan berpengaruh kepada semakin mantapnya dukungan terhadap seorang calon. Sedangkan untuk yang belum menentukan pilihan, debat itu tidak banyak berpengaruh," ujar Ardian.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: