Mengenal Alat Laboratorium dan Fungsinya

0


HanyaBerbagi.com - Mengenal Alat Laboratorium dan Fungsinya - Laboratorium merupakan tempat yang digunakan untuk riset ilmiah, pengukuran, eksperimen ataupun pelatihan ilmiah. Laboratorium dibuat untuk melakukan kegiatan tersebut secara terkendali.

Laboratorium yang digunakan sebagai pusat reservasi dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan dengan fungsinya, yaitu:

1. Laboratorium Kimia
Laboratorium kimia biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum, dimana kegiatan tersebut berhubungan dengan analisa kimia kualitatif dan kimia kuantitatif.
Kimia kualitatif berhubungan dengan kimia organic, kimia anorganik dan juga biokimia. Sedangkan kimia kuantitatif berhubungan dengan uji mutu atau quality control dan penetapan kadar senyawa atau kadar unsure.

2. Laboratorium Fisika
Laboratorium fisika biasanya digunakan dalam melakukan kegiatan praktikum, dimana kegiatan tersebut berhubungan dengan analisa secara fisik suatu produk, seperti uji kekentalan, uji organoleptik dan uji kebocoran.

3. Laboratorium Mikrobiologi
Laboratorium mikrobiologi biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum, dimana kegiatan tersebut berhubungan dengan analisa mengenai mikrobiologi.
Analisa tersebut biasanya meliputi uji bakteri pathogen, uji bakteri positif dan juga negative serta uji jamur dan kapang.

Dalam pelaksanaannya sebuah laboratorium tidak hanya harus mempunyai tempat dengan desain khusus, akan tetapi juga harus dilengkapi dengan fasilitas standar yang dapat mendukung dalam pelaksanaan kegiatan praktikum. Selain itu alat yang digunakan juga harus berstandar dan lengkap.
Alat-alat yang biasanya digunakan dalam sebuah laboratorium adalah:

• Mikroskop

Tidak lengkap sebuah laboratorium tanpa adanya dengan mikroskop. Mikroskop digunakan untuk melihat benda yang sangat kecil atau mikroorganisme yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata. Mikroorganisme yang dilihat dengan menggunakan mikroskop akan nampak jelas dan bisa terlihat lebih besar.

• Sentrifus

Sentrifus digunakan untuk memisahkan dan mengendapkan partikel suatu objek sesuai dengan masa jenis yang melalui proses sedimentasi. Alat ini terdiri dari rotor yang akan memutar obyek yang akan diteliti dengan kecepatan dan waktu yang telah ditentukan.

Alat sentrifus akan memisahkan obyek yang akan diteliti menjadi beberapa fase yaitu berupa cairan atau supernatant dan organel yang mengendap atau pellet. Sedimentasi akan makin banyak terbentuk ketika semakin cepat perputaran dari rotor, akan tetapi hal itu tergantung dengan perbedaan masa jenis dan juga obyek yang diteliti.

• Erlenmeyer

Erlenmeyer merupakan gelas kaca yang digunakan untuk analisis dalam laboratorium. Erlenmeyer berbentuk bulat dan kerucut pada bagian atasnya. Salah satu sisi dari gelas tersebut terdapat petunjuk untuk ukuran volume. Kebanyakan alat ini digunakan untuk membuat sebuah larutan.

• Gelas Corong

Gelas corong memiliki dua macam yaitu gelas corong dengan menggunakan karet dan gelas corong dengan plastik. Gelas corong ini biasa digunakan dalam laboratorium untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ketempat yang lainnya.
Selain itu, gelas corong ini juga berfungsi sebagai alat penyaringan ketika dikasih penyaring pada bagian corongnnya.

• Tabung Reaksi

Tabung reaksi adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mencampur, menampung atau memanaskan sejumlah kecil bahan kimia ataupun non kimia padat ataupun cair.
Gelas ini berbentuk tabung dengan besar kira-kira hanya seukuran jari orang dewasa, dimana gelas ini terbuat dari kaca atau plastic yang bagian atasnya terbuka dan bagian bawah berbentuk U.

• Gelas Beker

Gelas beker merupakan wadah penampung yang digunakan dalam laboratorium untuk mencampur, mengaduk dan memanaskan cairan. Gelas ini berbentuk silinder dengan salah satu sisinya terdapat petunjuk untuk ukuran volumenya.

• Pipet

Pipet adalah salah satu alat laboratorium yang sudah umum digunakan. Pipet berguna untuk mengambil suatu cairan dalam jumlah yang kecil, yang biasanya hanya berupa tetesan kecil.
Selain alat-alat diatas masih banyak alat laboratorium lain yang biasa digunakan, seperti gelas ukur, spatula, filler, labu ukur leher panjang, desikator, rak tabung reaksi dan lain sebagainya. Sekarang ini tidak perlu kuathir dalam membeli alat laboratorium, karena banyak yang telah menjual alat laboratorium.

Peluang bisnis jual alat laboratorium sangatlah besar, apalagi saat ini banyak sekolah, terutama SMP dan SMA yang memperbelakukan memiliki laboratorium dengan peralatan yang lengkap membuat alat laboratorium banyak dicari. Mengingat akan hal itu tentu berbisnis alat laboratorium akan sangat menguntungkan.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: