Penambahan Fungsi Videotron Di Kota Semarang untuk "pamer" Anggaran

0

Videotron Anggaran di Semarang

berita.rizalmedia.com - Jika biasanya videotron hanya digunakan untuk menampilkan iklan layanan masyarakat atau informasi agenda acara, lain halnya dengan videotron milik Pemerintah Kota Semarang. Di kota ini, fungsi videotron milik pemerintah ditambah lagi sebagai alat transparansi anggaran.

Tampilan pada videotron ini dibentuk dalam format slide show. Videotron terletak di dekat Tugu Muda yang berlokasi di Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Terpantau pada Rabu, 30 November 2016 dalam slide tersebut ditampilkan perubahan anggaran APBD 2016 dengan total Rp 226 miliar dari berbagai bidang dan dinas.

Dalam tampilan videotron tersebut dicantumkan keterangan belanja langsung yang terdiri dari belanja pegawai, belanja modal, dan belanja barang jasa.  Contoh anggaran yang ditampilkan antara lain dari Dinas Kesehatan dengan jumlah anggaran Rp 43.966.965.991,00. dengan rincian belanja langsung Rp 38.049.742.515 dan belanja tidak langsung sebesar Rp 5.917.223.476.

Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang berharap masyarakat tidak lagi meragukam kinerja Pemkot dalam mengelola anggaran.

"Melalui penayangan APBD seperti ini tidak perlu lagi ada keraguan karena yang kita lakukan semata-mata adalah melayani masyarakat," kata Hendrar.

Pemkot Semarang adalah salah satu daerah yang mengalami penundaan Dana Alokasi Umum dari pemerintah pusat sebesar RP 264 miliar. Menurut Hendrar, hal ini dapat di atasi dengan kebersamaan masyarakat, sehingga memang perlu menumbuhkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah setempat. 

"Melalui cara ini diharapkan kepercayaan masyarakat bertambah dan partisipasi terhadap pembangunan akan semakin meningkat," tandasnya.

Hendrar menjelaskan bahwa anggaran perubahan APBD 2016 ini akan difokuskan pada sektor pelayanan untuk masyarakat. Diantaranya adalah untuk menyediakan solar di rumah pompa. Kemudian di sektor kebersihan sampai sewa alat berat di dinas PSDA untuk pengerukan sedimantasi sebagai upaya pencegahan banjir.

Tampilan videotron ini memang tidak dilengkapi dengan tabel-tabel, karena akan sulit dibaca oleh pengguna jalan. Jika ada warga yang ingin mengetahui detailnya anggaran tersebut bisa bertanya kepada SKPD terkait atau mengunjungi website www.semarangkota.go.id.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: