Pesawat Herculas A-1334 Jatuh Di Wamena

0
Pesawat Hercules A-1334


berita.rizalmedia.com - Pesawat Hercules A-1334 yang jatuh di Gunung Tugima, Wamena, Papua, tadi pagi, merupakan hibah dari Australia. Pesawat ini bergabung dengan Skadron 32 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh pada Febuari 2016 lalu.

Mayor Hamdi Londong Allo yang merupakan Kepala Penerbangan dan Perpustakaan Lunud Abdulrachman Saleh, mengatakan bahwa pesawat Hercules A-1334 ini merupakan pesawat hibah dari Royal Australian Air Force (RAAF). Pemberian hibah ini bertujuan untuk memperkuat Skadon 32 Wing II Land Abdulrachman Saleh.


Pada saat penyambutan kedatangan Pesawat Hercules A-1334 ini, dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama Djoko Senoputro, pada awal Maret 2016 lalu. Setelah pemberian hibah pesawat A-1334, datang kembali pesawat A-1335 yang sama pada bulan Nopember 2016 sehingga menambah jumlah pesawat di Skadron 32 menjadi 16 pesawat.

"Sekarang tinggal 14, dua ada di Jakarta, disini (Skadron 32) ada tiga pesawat, yang lain masih beroperasi dan kini dihentikan operasinya pasca kecelakaan A-1334," ungkap Londong.

Pesawat Herculas ini menjadi salah satu pendukung utama untuk melakukan operasi dalam kegiatan angut personel dan logistik. Serta menjalani banyak misi non militer atau kegiatan kemanusiaan.

Mayor Hamdi Londong Allo juga menyampaikan bahwa pesawat mengangkut jenazah kru dan awak pesawat Hercules A-1334 akan sampai di Lanud Abdulrachman Saleh sekitar pukul 19.00 wib. Mobil ambulans telah disiapkan sebanyak 14 mobil untuk membawa jenazah menuju lokasi pemakaman.

Untuk para korban  kecelakaan Pesawat Hercules A-1334 ini rencananya akan dilakukan upacara penyambutan dan penyerahan jenazah terlebih dahulu di hanggar Skadron 32 sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada para korban. Kemudian jenazah akan diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing. Untuk masalah pemakaman, ada beb erapa pihak keluarga yang sudah menyiapkan.

"Nanti ada upacara penyambutan dan penyerahan jenazah kepada keluarga di hanggar Skadron 32. Untuk tempat pemakaman beberapa keluarga sudah menentukan," ujar Londong berbincang dengan detik.com di kantornya, Minggu (18/12/2016) sore.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: