Polri Menyiapkan Alternatif Lokasi Sidang Ahok Demi Keamanan

0
berita.rizalmedia.com - Kepolisian saat ini masih belum mendapat laporan detail lokasi persidangan tersangka dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok. Hingga kini, pihak kepolisian tidak memungkiri sidang yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta non-aktif itu akan dipindah apabila jalannya sidang tersebut sulit diamankan.

"Bisa jadi di situ bisa jadi di tempat lain. Untuk alasan keamanan, nanti cari tempat yang lebih strategis untuk mengamankannya," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan saat ditemui tim Tirto.id di silang Monas, Jakarta, Selasa (6/12/2016). Iriawan mengatakan, kepolisian belum mengetahui seberapa besar massa dalam sidang Ahok yang mendapat atensi dari umat Muslim ini nantinya. Tetapi, mantan Kapolda Jabar ini menyatakan bahwa kepolisian akan tetap mengamankan persidangan Ahok sebaik mungkin. Kepolisian pun, menurutnya, akan dibantu Kodam Jaya untuk mengamankan sidang Ahok.

"Berapapun kita akan amankan jalan sidang tersebut supaya lancar dan supaya tidak terganggu," jelas Iriawan. Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, kepolisian akan memberikan atensi dalam sidang dugaan kasus penistaan agama yang melibatkan Ahok sebagai tersangka. Hal itu disampaikan ito saat rapat dengan Komisi III DPR.

"Polri sedang menyusun langkah pengamanan persidangan karena ini bisa menjadi magnet pengumpulan massa," ungkap Tito di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/12/2016). Seperti yang telah diberitakan, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dikabarkan menjadi tempat sidang kasus dugaan penistaan agama Ahok. Sidang perkara dugaan penistaan agama tersebut akan digelar di Ruang Kusuma Atmaja lantai dua eks gedung PN Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada Nomor 17.

Berdasarkan keputusan PN Jakarta Utara, persidangan akan dilaksanakan di Gedung PN Jakarta Pusat lama karena gedung PN Jakarta Utara di Sunter masih direnovasi. "Ruangannya di lantai 2, Ruang Kusuma Atmaja, itu ruangan yang besar dibandingkan ruangan lainnya," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Hasoloan Sianturi kepada Antara di Jakarta, Selasa, mengenai tempat sidang perkara Ahok pada 13 Desember mendatang.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: