Strategi Kuasa Hukum Ahok Menghadapi Sidang Perdana

0
berita.rizalmedia.com - Ketua Tim Kuasa Hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Sirra Prayuna menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi sidang perdana Ahok atas kasus dugaan penistaan agama, Selasa, 13 Desember 2016.

Kata dia, tim hukum Ahok tergabung dalam tim advokasi Bhinneka Tunggal Ika BTP yang beranggotakan 80 orang, akan segera mendampingi gubernur DKI nonaktif itu bersidang, di bekas Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Kami terus matangkan persiapan tim hukum Basuki Tjahaja Purnama dalam menghadapi persidangan perdana besok," ungkap Sirra sebagaimana dilansir dari VIVA.co.id, di Jakarta, Senin, 12 Desember 2016.

Dia mengaku bahwa, 80 orang tersebut nantinya dibagi dalam dua bidang, yakni tim litigasi dan nonlitigasi. Tim litigasi yang bertugas mendampingi Ahok di setiap persidangan. Adapun tim litigasi berjumlah sekitar 20 orang pengacara, sedangkan tim non-litigasi sekitar 60 orang pengacara.

Selanjutnya, menurut dia, tugas tim non-litigasi yaitu menghimpun berbagai informasi, data, dan fakta terkait peristiwa di Kepulauan Seribu, 27 September 2016. Selain itu, tim litigasi melakukan verifikasi dan validasi data, baik bukti surat tertulis, maupun keterangan saksi dan ahli. Sirra menambahkan tim non-litigasi juga akan melakukan legal drafting yang akan mengonstruksi fakta-fakta persidangan untuk menyusun legal opinion.

Tim non-litigasi juga bertugas untuk memasukkan berbagai fakta selama persidangan. Hal itu akan dijadikan bahan analisis fakta dan analisis yuridis. "Tapi dalam persidangan besok akan dihadiri oleh para advokat yang jumlahnya secara teknis persidangan akan kami sesuaikan dengan jumlah kursi yang disediakan oleh kepaniteraan pengadilan negeri," ujarnya.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: