Tempat Sidang Ahok Akan Segera Dipindah

0
berita.rizalmedia.com - Polda Metro Jaya merekomendasikan perpindahan lokasi sidang perkara penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok. Lokasi sidang sebelumnya, yakni di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jalan Gadjah Mada.

Wakapolda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Suntana mengatakan, dalam sidang perdana Ahok pada Selasa 13 Desember 2016, situasinya dinilai tidak kondusif. Lebih lagi arus lalu di sekitar lokasi sidang. "Seperti (sidang) kemarin kami harus mengalihkan arus (lalu lintas), kemacetan terjadi, kondisi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara juga akhirnya sidang-sidang lain terganggu," kata Suntana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 16 Desember 2016.

Setelah sidang kemarin digelar, Suntana menyatakan bahwa pihaknya dan pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara langsung menggelar evaluasi terkait pengamanan selama sidang. Alhasil Kepolisian dan pengadilan menilai bahwa sidang selanjutnya akan lebih baik dilaksanakan di tempat yang lebih kondusif. "Kami menginginkan satu kondisi sidang yang fokus dan tak terganggu dengan hal lainnya," kata Suntana.

Kata dia, PN Jakarta Utara juga telah menyepakati hal ini dan berpandangan sama (dengan polisi) dan harus dicari tempat sidang yang lain. Sementara ini menurut Suntana, masih dicari lokasi sidang yang lebih kondusif. "Kami memberikan beberapa rekomendasi. Ada yang Cibubur, Ragunan, dan ada beberapa tempat," kata dia.

Polisi juga sudah sangat siap untuk mengawal sidang lanjutan perkara dugaaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), bila akhirnya sidang tetap harus digelar di Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut). "Tetap kita kawal," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat, 16 Desember 2016.

Dirinya menyatakan bahwa pada sidang perdana perkara tersebut, Selasa, 13 Desember 2016, seluruh proses pengamanan sudah berjalan dengan lancar tanpa kendala. Kendala pada persidangan kemarin, kata dia, hanya kurangnya lahan parkir. "Ya itu kemarin berjalan baik dan lancar, ada beberapa kekurangan, yaitu area parkir kurang yah, itu kita evaluasi lagi, katanya.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: