Semua WNI Wajib Membela Negara!

0
berita.rizalmedia.com - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia sesuai dengan amanat undang-undang, wajib membela negara.

“Jadi semua warga negara Indonesia, wajib, tanpa kecuali,” tutur Ryamizard setelah mengukuhkan 540 kader bela negara di halaman Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (24/1).

Ia menuturkan bahwa program membela negara bukan wajib militer. Dengan demikian, sangat picik apabila orang berpikir bahwa bela negara merupakan wajib militer. “Pramuka itu juga bela negara. Apakah pramuka itu latihan militer,” katanya.

Kata dia, dalam pramuka tidak ada latihan militer tetapi dengan melaksanakan semua nilai-nilai Pancasila yang ditemukan dan digali oleh Presiden Soekarno. “Itulah kultur kita. Kalau komunis di Tiongkok, di Rusia, itu kultur mereka, kalau di sini bukan kultur, enggak laku itu (komunis),” tegasnya.

Dia juga menandaskan bahwa ancaman perang ke depan adalah perang cuci otak. Radikal tidak perlu melatih macam-macam tetapi bagaimana pemikiran orang itu berubah.
.
Sebab itulah , olah pikir bangsa Indonesia harus diperkuat melalui Pancasila agar tidak tergoda oleh radikal yang salah. Ia mengatakan apabila bangsa Indonesia harus diajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Dalam hal ini, kata dia, Indonesia bukan negara agama tetapi bangsanya beragama.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: