Cangkang Telur Ini Bisa Anda Makan

0
berita.rizalmedia.com - Saat kita memakan telur, pasti cangkang telur tersebut akan kita buang ke tempat sampah. Namun, apakah Anda tahu jika cangkang telur ternyata memiliki beberapa manfaat? Ternyata dari sebuah cangkang telur yang biasanya kita buang itu memiliki banyak manfaat lho.


Cangkang telur bisa digunakan untuk penyembuhan luka kronis yang tidak kunjung. Namun, ada kabar yang cukup mengejutkan dari manfaat cangkang telur kali ini. Pasalnya, cangkang telur ini bisa Anda makan, loh..
Melansir dari video Tech Insider yang di unggah Facebook, bahwa penggunaan atau sampah dari cangkang telur per tahunnya mencapai 150 ribu ton. Jadi sekarang tidak perlu lagi untuk membuang cangkang telur yang isinya sudah dijadikan telur ceplok.

Ternyata cangkang telur itu sebenarnya memiliki kandungan kalsium yang lumayan banyak lho. Karena cangkang telur tersebut terbuat dari 95% kalsium karbonat.

Melansir dari Jurnal Internasional Penelitian Farmakologikal, sebuah cangkang telur memiliki sekitar dua gram kalsium.

Jumlah tersebut dua hingga empat kali lipat kebutuhan manusia umumnya yang direkomendasikan. Tapi jelas kamu enggak bisa memakan cangkang telur itu mentah-mentah ya.

Jadi untuk mengolah cangkang telur tersebut menjadi siap makan, Anda pertama-tama harus merebus telur tersebut. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang kemungkinan ada di cangkang tersebut.

Kemudian kedua kamu harus mengoven cangkang telur tersebut ke dalam suhu sekitar 100 derajat C, selama 10-15 menit, hal ini dilakukan untuk mengeringkan telur tersebut. Lalu Anda harus memblender cangkang telur tersebut hingga menjadi bubuk yang sangat halus.

Bubuk cangkang telur dianggap sebagai sumber kalsium yang baik dan telah terbukti untuk mengurangi rasa sakit dari perempuan tua yang mengalami osteoporosis.

Terakhir Anda bisa menambahkan bubuk cangkang telur tersebut ke dalam resep makanan seperti roti-rotian, kue, pizza, dan spaghetti.

Tetapi hati-hati terlalu banyak atau kekurangan kalsium ternyata bisa berbahaya bagi tubuh kita, lho. Seorang orang dewasa biasanya membutuhkan tidak lebih dari 1 gram kalsium per harinya.
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: