Bikin Heboh! Makhluk Terdampar di Filiphina

0
berita.rizalmedia.com - Masyarakat Filiphina dibuat heboh oleh sesosok makhluk yang terdampar di Pulau Dinagat, Filiphina. Selama berhari-hari makhluk yang tampak berambut tersebut mengambang di tengah ombak laut. Masyarakat dibuat bertanya-tanya tentang makhluk yang tidak teridentifikasi jenisnya itu. Dilansir dari Bbc.co.uk, masyarakat menganggap munculnya makhluk berambut lebat ini merupakan jenis spesies baru. Tubuhnya yang besar dan mengambang di tengah ombak laut itu membuat masyarakat ketakutan dan khawatir. 
Ketakutan masyarakat cepat ditanggapi oleh para ahli. Lucy Babey, seorang kepala peneliti dan konservasi badan amal binatang Orca menyatakan bahwa makhluk tersebut diduga adalah bangkai ikan paus yang sudah mati dan terurai menuju tahap dekomposisi. Dugaan tersebut muncul berdasarkan panjang badannya yang mencapai enam meter. Sementara ini masih berupa dugaan, karena bangkai makhluk ini bukanlah keseluruhan badan ikan paus. Tidak ditemukannya formasi yang menyerupai ekor sehingga kemungkinan wujud aslinya bisa saja jauh lebih besar. 
Dugaan tersebut juga masih menimbulkan pertanyaan, bagaimana bisa ikan paus mempunyai rambut? Babey melanjutkan penjelasannya bahwa "rambut" tersebut merupakan serat otot yang tersisa dari tubuh yang sebenarnya karena proses dekomposisi. Dekomposisi merupakan salah satu perubahan pada makhluk hidup yang sudah mati yaitu mengalami perusakan susunan/struktur yang dilakukan oleh dekomposer seperti: semut, belatung, bakteri dan jamur. 

Peristiwa terdamparnya hewan-hewan laut seperti ini memang sering terjadi. Oleh karena itu, kebanyakan warga yang berada di pesisir pantai lebih memilih untuk membiarkan bangkai tersebut membusuk dan terurai dengan sendirinya. Tetapi menurut penjelasan Babey bahwa bangkai hewan membawa potensi kontaminasi bagi lingkungan sekitarnya. Hewan yang mengalami dekomposisi akan membawa penyakit. Sehingga, disarankan bangkai hewan-hewan yang terdampar di pinggir laut sebaiknya dikuburkan dengan cara yang layak dan benar. 
Share on Google Plus
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: